Kisah Icarus

Icarus merupakan putra Daidalos, pengrajin terkenal dan terampil yang tinggal di Athena. Daidalos memiliki keponakan bernama Talos, dibawah bimbingannya Talos menjadi lebih berbakat bahkan melebihi kemampuan Daidalos. Takut tersaingi, Daidalos membunuh Talos dengan cara melemparnya dari Akropolis.

Akibat perbuatannya Daidalos diusir dari Athena dan pindah ke Kreta. Di sana dia bekerja pada raja Minos.
Suatu ketika, Istri raja Minos jatuh cinta kepada Banteng Kreta (Banteng putih nan indah yang merupakan persembahan dari Raja Poseidon untuk Raja Minos). Istri raja Minos meminta Daidalos untuk membuatkan replika banteng betina. Setelah jadi Istri raja masuk ke dalam replika tersebut agar bisa berhubungan dengan Banteng Kreta. Hasil dari hubungan tersebut terlahirlah Minotaur (makhluk buas bertubuh manusia dan berkepala banteng).

Takut akan kebuasan Minotaur, Raja Minos menyuruh Daidalos membuat sebuah labirin di tengah lautan untuk mengurung minotaur tersebut. Setelah selesai, Raja Minos ternyata juga mengurung Daidalos dan putranya Icarus di dalam labirin tersebut.

Icarus dan ayahnya berencana untuk kabur dari labirin. Tetapi mereka tidak bisa kabur melalui lautan karena lautan dijaga dengan ketat dan tidak ada yang bisa berlayar tanpa izin,.Karena daratan dan lautan dikuasai oleh Minos. Akhirnya mereka memutuskan untuk kabur melalui udara.

Akhirnya ayah Icarus, Daidalos membuat 2 pasang sayap yang besar yang terbuat dari bulu-bulu. Bagian sayap yang besar diikatkan dengan benang, sedangkan yang kecil diikat dengan lilin. Sebelum terbang, ayahnya berpesan kepada Icarus agar terbang tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi, karena jika terlalu rendah akan diketahui oleh pengawas laut.

Akhirnya mereka bisa kabur dari labirin menggunakan sayap buatan ayah Icarus, tetapi Icarus yang saat itu menikmati Penerbangannya lupa akan pesan yang disampaikan ayahnya. Icarus terbang terlalu tinggi sehingga lilin yang menguatkan sayap-sayapnya meleleh yang mengakibatkan Icarus tewas terjatuh ke laut.

Untuk mengenang putranya, Daidalos menamakan lautan tempat icarus jatuh dengan nama Ikaria.

Kami yang bernaung dibawah bendera Komunitas Cosplay Icarus menjadikan kisah Icarus sebagai pelajaran agar jika suatu saat nanti nama kami menjadi besar, tidak menjadikan kami pribadi yang sombong yang nantinya akan mengakibatkan keruntuhan bagi kami sendiri. Icarus sendiri dipandang sebagai simbol keberanian heroik manusia dalam mengeksplorasi hal baru.


Foto Daidalos saat memasangkan sayap pada Icarus. (sumber cerita dan foto dari Wikipedia)

Posting Komentar

0 Komentar